ASAS-ASAS
HUKUM ISLAM
A.
Asas-Asas Hukum Islam
Yang
dibicarakan dalam kesempatan ini hanya beberapa asas hukum islam. Tim
pengkajian Hukum Islam Badan Binaan Hukum Nasional Departemen Kehakiman, dalam
laporan tahun 1983/1984 (Laporan 1983/1984 : 14-27) menyebut beberapa asas
Hukum Islam yang (1)Bersifat Umum (2) Dalam lapangan hukum pidana (3) Dalam
lapangan hukum perdata , sebagai contoh. Asas-asas hukum dilapangan Hukum tata
negara, internasional dan lapangan-lapangan huku Islam lainnya tidak disebutkan
dalam laporan itu.
Sebagai
sumbangan dalam penyusuna asas-asas hukum nasional , Tim itu hanya
mengedepankan :
1. Asas–Asas Umum
Asas-asas umum hukum islam yang meliputi semua bidang
dan segala lapangan hukum islam adalah
a.
Asas keadilan
Keadilan sangatlah penting sampai-sampai dalam
Al-Qur’an terdapat 1000 kali kata Keadilan,terbanyak disebutkan setelah Allah
dan ilmu pengetahuan. Bahwa keadilan adalah asas ,titik-tolak,proses dan
sasaran hukum islam.
b.
Asas kepastian hukum
Surat Bani Israil (17) ayat 15 yang terjemahannya
(kurang lebih) berbunyi “. . . dan tidaklah kamimenjatuhkan hukuman ,kecuali
setelah kami mengutus seorang rosul untuk menjelaskan (aturan dan ancaman)
hukuman itu. . . “ selanjutnya di surat al-maidah (5) ayat 95 terdapat
ketegasan Illahi yang menyatakan Allah mengampuni kesalahan yang sudah berlalu.
Dari keduanya dapat disimpulkan bahwa asas kepastian yaitutidak ada satu
perbuatan pun dapat dihukum, kecuali atas kekuatan ketentuan peraturan
perundang-undangan yang ada dan berlaku untuk perbuatan itu.(Anwar Harjono
1968;155)
c.
Asas kemanfaatan
Asas kemanfaatan adalah asas yang mengiringi asas
keadilan dan kepastian hukum yang mempertimbangkan hukuman untuk terdakwah yang
bermanfaat untuk masyarakat.
2. Asas-asas dalam hukum pidana
Asas- asas dalam lapangan hukum pidana Islam antara lain adalah
a. Asas
legalitas
b. Asas
larangan memindahkan kesalahan pada orang lain
c. Asas praduga tidak bersalah
3. Asas-asas dalam lapangan hukum perdata
Dilapangan
hukum perdata terdapat asas hukum islam yang menjadi tumpuan atau landasan
untuk melindungi kepentingan pribadi seseorang. Dalam asas hukum perdata Islam
antara lain yaitu:
a. Asas
kebolehan atau mubah;
b. Asas
kemaslahatan hidup;
c. Asas
kebebasan dan sukarelawan;
d. Asas
menolak mudharat, mengambil manfaat;
e. Asas
kebajikan;
f. Asas
kekeluargaan;
g. Asas adil dan berimbang;
h. Asas mendahulukan
kewajiban dari hak;
i. Asas
larangan merugikan diri sendiri dan orang; dan
j. Asas
kemapuan berbuat atau bertindak.
4. Asas-asas
Hukum Islam
a. Asas Nafyul Haraji;
Yakni meniadakan kepicikan. Dalam arti
bahwa hukum Islam dibuat dan diciptakan itu berada dalam batas-batas kemampuan
para mukallaf. Namun bukan berarti tidak ada kesukaran sedikitpun sehingga
tidak ada tantangan, sehingga jika ada kesukaran yang muncul bukan hukum Islam
itu digugurkan melainkan melahirkan hukum Rukhsah.
b. Asas Qillatu Taklif;
Yaitu tidak membahayakan taklifi, artinya
hukum Islam itu tidak memberatkan pundak mukallaf dan tidak menyukarkan.
c. Asas Tadarruj,
Bertahap (gradual), artinya pembinaan
hukum Islam berjalan setahap demi setahap disesuaikan dengan tahapan
perkembangan manusia.
d. Asas
Kemuslihatan Manusia;
Hukum Islam seiring dengan dan mereduksi
sesuatu yang ada di lingkungannya.
e. Asas
Keadilan Merata;
Bermakna hukum Islam sama keadaannya tidak
lebih melebihi bagi yang satu terhadap yang lainnya.
f. Asas
Estetika;
Artinya hukum Islam memperbolehkan bagi
kita untuk mempergunakan atau memperhatiakn segala sesuatu yang indah.
g. Asas
Menetapkan Hukum Berdasar Urf yang Berkembang Dalam Masyarakat;
Hukum Islam dalam penerapannya senantiasa
memperhatikan adat/kebiasaan suatu masyarakat.
h. Asas
Syara Menjadi Dzatiyah Islam;
Hukum yang diturunkan secara mujmal
memberikan lapangan yang luas kepada para filusuf untuk berijtihad dan guna
memberikan bahan penyelidikan dan pemikiran dengan bebas dan supaya hukum Islam
menjadi elastis sesuai perkembangan peradaban manusia.
No comments:
Post a Comment