Saturday 30 July 2016

Thaharah


                                                                       Thaharah
A. Pengertian Thaharah
Taharah menurut bahasa berasal dari kata طهور (Thohur), artinya  bersuci atau  bersih.
Menurut istilah adalah bersuci dari hadas, baik hadas besar maupun hadas kecil dan bersuci dari najis yang meliputi badan, pakaian, tempat, dan benda-benda yang terbawa di badan.
B. Dasar Hukum dan Fungsi Thaharah
1. Dasar Hukum Thaharah
a. Al-Baqarah : 222
b. An-Nisa : 43
c. Al-Maidah : 6
2. Fungsi Thaharah
Dalam kehidupan sehari-hari, thaharah memiliki  fungsi yaitu
a.       Membiasakan hidup bersih dan sehat
b.      Membiasakan hidup yang selektif
c.       Sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT melalui sholat
d.      Sebagai sarana untuk menuju surga
e.       Menjadikan kita dicintai oleh Allah SWT
C. Alat-Alat Thaharah
     Alat-alat thaharah adalah air, tanah, dan sebagainya.
D. Sebab-Sebab Thaharah
            Sebab-sebab thaharah adalah berhadats dan bernajis.
1. Hadats adalah segala kotoran yang keluar melalui qubul dan dubur manusia.
2. Najis adalah segala kotoran yang menempel pada badan, pakaian, dan tempat.

Macam-Macam Thaharah
A. Istinja'
            Apabila keluar kotoran dari salah satu dua jalan, wajib istinja’ dengan air atau dengan tiga buah batu, yang lebih baik mula-mula dengan batu atau sebagainya kemudian diikuti dengan air.
B. Wudhu'
            Wudhu' secara bahasa berarti keindahan dan kecerahan. Sedangkan menurut istilah syara’ bersuci dengan air dalam rangka menghilangkan hadas kecil yang terdapat pada wajah, kedua tangan, kepala dan kedua kaki disertai dengan niat.
C. Tayammum
            Tayammum adalah salah satu cara bersuci, sebagai ganti berwudlu atau mandi apabila berhalangan memakai air.
D. Mandi (Wajib)
            Mandi dalam bahasa arab al ghuslu artinya mengalirkan alir pada apa saja. Menurut pengertian syara’ berarti meratakan air yang suci pada seluruh tubuh disertai dengan niat. Pengertian lain ialah mengalirkan air ke seluruh tubuh baik yang berupa kulit, rambut, ataupun kuku dengan memakai niat tertentu.

No comments:

Post a Comment